Tempat Wisata Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Provinsi yang dipimpin oleh seorang Sultan ini memiliki keelokan dan keunikan tersendiri. Yah Yogakarta adalah Provinsi yang Istimewa karena dipimpin seorang sultan yang menjadi raja di keraton Mataram. Yogyakarta juga merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan utama para wisatawan untuk melancong. Nah tentunya Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang harus dikunjungi. Kekayaan Yogyakarta tak hanya dari tempat wisatanya saja, namun keramah tamahan warga Jogja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ini. Selain itu kota Yogyakarta juga terkenal akan kekayaan budayanya yang mempesona dan juga disebut sebagai kota pelajar.
Di kota Jogja ini kita dapat menikmati dua landmark yang telah dinyatakan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan Dunia yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Selain itu juga kawasan karst Gunungkidul yang sekarang ini diajukan kepada UNESCO. Selain wisata alam dan kebudayaan, ada wisata lain yang akan menambah pengalaman hidup kita yakni wisata belanja dan mencicipi aneka kuliner jogja yang memikat. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Yogyakarta yang paling terkenal dan merupakan destinasi wisata di Yogakarta ang menarik untuk kita kunjungi.

Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan salah satu primadona di Yogyakarta. Candi Borobudur ini bahkan telah masuk ke jajaran keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Lokasi candi Borobudur sekitar 40 km dari Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke area candi Borobudur kita harus membeli tiket seharga Rp 30.000 untuk domestic dan Rp 100.000 untuk mancanegara. Disini kita akan dipinjamkan sebuah sarung saat dipintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi yang memilki relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Sampai saat ini para biksu di seluruh dunia banyak yang berkunjung ke sini untuk berziarah karena Candi Borobudur adalah monument tempat suci.

Candi Prambanan
Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia, yang memiliki ketinggian 47 m dan telah diresmikan oleh UNESCO  sebagai warisan kebudayaan dunia. Candi Prambanan juga memilki keistimewaan akan reliefnya yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Selain itu setiap bulan purnama akan ada pertunjukkan sendratari Ramayana yang diadakan di pelataran Candi Prambanan ini. Candi Prambanan berlokasi sekitar 17 km dari pusat kota Yogakarta. Tepatnya di desa Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Eksotisme Candi Prambanan dapat dinikmati dikala senja saat cahaya matahari menyinari bangunan candi.

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal sultan dan keraton dimana sultan memimpin Provinsi Yogyakarta sekaligus kantor Gubernur Yogyakarta, karena Sultan menjabat sebagai Gubernur sekaligus. Sultan merupakan orang yang paling dihormati, disegani, dan dicintai oleh masyarakat Yogyakarta. Bangunan Keraton Yogyakarta sangat indah dan merupakan bukti karya arsitektur tradisional jaman dahulu. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790. Ketika masuk di kawasan keraton hal paling baik adalah berjalan mengilingi lingkungan keraton yang mempesona. Salah satu bangunan ang mengesankan di Istana ini adalah Bangsal Kencono. Bangsal Kencono merupakan pavilion yang bertahtakan emas. Bangunan yang membuktikan keragaman budaya daerah dan merupakan karya arsitektur seni yang indah. Keraton Yogyakarta ini terletak di Jl. Alun-alun Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Parangtritis
Pantai yang berada di kecamatan Kretek, Bantul Yogakarta yang terkenal yakni pantai Parangtritis.  Pantai Parangtritis merupakan pantai di tepian samudera hindia , sehingga memiliki karakteristik deburan ombak dan arus yang cukup besar serta kuat. Pantai parangtritis ini dikelilingi oleh tebing batu di sisi sebelah timur dan baratnya. Jadi selain pemandangan pantainya yang indah, ada pemandangan lain yang juga begitu indah yakni tebing batu yang menjulang tinggi. Tebing batu yang subur hijau adalah suguhan panorama yang akan menambah daya pikat pantai Parangtritis ini. Pantai parangtritis merupakan pantai berpasir hitam yang berkilau saat diterpa sinar matahari dan bertekstur lembut, karena di pasir pantainya mengandung bijih-bijih besi. Pantai Parangtritis ini berlokasi sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.
Cerita lain dari pantai Parangtritis ini, konon katanya pantai Parangtritis ini merupakan tempat suci dan keramat yang dijadikan tempat kediaman kanjeng Nyai Ratu Kidul atau lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul ini  penguasa Pantai Selatan yang terkenal dengan gaunnya yang berwarna hijau, oleh karena itu mitosnya pengunjung dilarang memakai pakaian hijau.
Di sebelah barat pantai Parangtritis saat menuju ke kawasan pantai Depok, Parangendog, dll, kita akan melihat pemandangan lain yang juga begitu menakjubkan yakni gumuk pasir atau bukit-bukit pasir, biasanya dimanfaatkan untuk bermain sky pasir. Pengalaman berbeda dapat dilakukan di tempat ini bukan. Di bukit atau tebing disisi sebelah barat selain dapat dinikmati pemandangannya, kita juga dapat menaikinya dan melihat pantai Parangtritis dari atas bukit lo, sungguh panorama yang indah dan memanjakan mata. Indahnya matahari terbit atau tenggelam juga dapat dinikmati di bukit ini lo.
Sebelum memasuki kawasan pantai Parangtritis ini kita akan melihat disisi sebelah timur adanya tulisan tempat pemandian air panas Parangwedang. Setelah lelah bermain-main di pantai enaknya berendam air panas untuk menghilangkan rasa lelah. Sehingga saat pulang tubuh benar-benar lebih fress.

Malioboro dan Pasar Beringharjo
Maliboro adalah nama jalan yang sudah sangat terkenal di Yogyakarta. Di sepanjang jalan ini kita dapat menemukan berbagai sebuah karya seni karena tempat ini merupakan tempat berkumpulnya seniman-seniman, tempat para pedagang aksesoris khas Jogja berkumpul untuk menjajakan dagangannya dari siang hingga malam hari, tempat berkumpulnya para wisatawan dari berbagai daerah maupun Negara, tempat ditemukannya aneka kuliner khas Jogja yang dijajakan di sepanjang jalan Maliboro. Selain itu juga terdapat pusat-pusat perbelanjaan seperti ramai mal, Ramayana, Mirota batik dan mal Maloiboro, dan yang sangat terkenal tentunya adalah pasar Beringharjo. Tempat yang begitu istimewa yang sayang sekali jika anda lewatkan. Tempat yang tak pernah sepi dari pagi hingga pagi lagi.
Jika ingin berburu batik,atau aksesoris dalam jumlah banyak datanglah ke pasar Beringharjo, pasar yang hanya buka hingga pukul 4 sore ini menjajakan berbagi macam barang dengan harga murah dan tentunya disini kita akan menemukan seninya berbelanja yakni tawar menawar. Selain itu kuliner khas Jogja seperti pecel, bakmi, bakpia, sate kere, dll bisa kita temukan di pasar Beringharjo ini. Jadi luangkan waktumu ya untuk berkunjung ke jalan maliobo dan dan pasar Beringharjo ini ya.

Taman Kaliurang
Taman kaliurang  merupakan taman untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan, jauh dari hiruk pikuk kota yang bising dan berpolusi. Taman ini  terletak di desa Hargobinangun kecamatan Pakem Sleman. Taman kaliurang ini berada di lereng  Gunung Merapi yang begitu kharismatik. Taman kaliurang ini berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut.  Berbagai fasilitas dapat kita temui disini seperti wahana permainan anak, sedikit petualangan pendakian bukit Plawangan. Di puncak bukit Plawangan ini kita bisa melihat indahnya kota Jogja dari atas dan tentu pemandangan Gunung Merapi yang kharismatik itu. Di perjalanan menuju bukit Plawangan kita akan disugui air terjun dengan debit air yang cukup besar saat musim penghujan serta tlogo putri yang indah.  Jika ingin lebih lama lagi menikmati suasana di Kaliurang ini atau ingin mendaki Gunung Merapi disekitar Kaliurang sudah banyak sekali disediakan Resor-resor, mulai dari harga murah hingga yang paling mahal dengan segala fasilitas-fasilitasnya.

Kota Gede
Kota Gede adalah tempat wisata di Jogja yang enaknya dinikmati sambil berjalan kaki atau bersepeda santai. Di daerah ini kita akan menemukan took-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaic yang berjajar rapi di tepi jalan. Dahulu rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan. Karena disinalah tempat Panembahan Senopati pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya. Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Di Kota Gede ini kita dapat melihat-lihat bangunan tua yang masih kokoh dan terjaga keasriannya. Selain itu pusat industry perak hand made berada disini. Kita juga dapat mengunjungi situs kuno yang merupakan tempat pemakaman anggota kerajaan Mataram. Saat memasuki makam ada hal istimewa yang dilakukan yaitu harus memakai pakaian adat Jawa. Tak perlu pusing-pusing membawa karena disana sudah disediakan dan kita bisa menyewa dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 10000 untuk setiap setelnya.

Gembira Loka Zoo
Gembira loka merupakan taman bermain yang sangat edukatif, karena di Gembira loka kita dapat mengenal berbagai macam satwa-satwa yang ada di Indonesia dan yang hidup di luar negeri. Seperti beruang madu, badak, macan tutul, singa, monyet, orangutan, burung cendrawasih, koala, kakak tua, gajah, dan masih banyak lagi satwa-satwa koleksi Gembira loka ini. Setelah lelah berjalan-jalan sambil beristirahat kita bisa melihat atraksi gajah atau sekedar ingin mencoba menaiki gajah. Untuk acara romantic-romantisan kita bisa menaiki kapal kayuh yang tersedia di danau buatan di kawasan Gembira loka ini. Seru sekali kan tentunya. Sisihkan waktumu ya untuk berkunjung ke wisata edukasi Gembira loka zoo ini.




< >