Pantai Nglambor (Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta Selain Indrayanti)

Pantai Nglambor

Pantai yang indah bukan hanya di Bali atau Lombok saja, di Wonosari Gunungkidul Yogyakarta rahasia keindahan pantai yang masih tersembunyi. Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di DI. Yogyakarta, tepatnya terletak di sisi selatan. Salah satu pantai yang menyuguhkan pemandangan indah dan eksotis yang sedang dibicarakan adalah Pantai Nglambor.  Selain pemandangannya yang indah, pantai ini juga asyik untuk snorkling. Pantai Nglambor ini merupakan kawasan konservasi. Ya, konservasi terumbu karang dan ikan hias. Pantai ini terbentang sepanjang 105 meter, garis pantainya tidak luas memang. Tetapi sekali anda memandang, pandangan anda tak kan pernah berpaling. Pemandangan indah yang menyuguhkan deburan ombak yang tak hentinya menyapa pantai yang berpasir putih ini. Pantai yang landai dan berpasir putih, serta air laut yang jernih adalah salah satu pemandangan indah yang akan disuguhkan pantai Nglambor.

Pantai Nglambor merupakan pantai yang dikelilingi oleh bukit kapur yang indah nan hijau, tepatnya di bawah bukit dan merupakan sebuah teluk kecil. Di depan pantai dihiasi oleh 2 bukit karang yang besar bak pintu gerbang perlindungan yang indah. Perlindungan, karena 2 Bukit karang besar tadi juga berfungsi sebagai pemecah ombak besar, sehingga ombak yang datang ke pantai sudah pecah di kejauhan dan  saat mencapai pantai ombak sudah tidak terlalu besar jadi lebih aman bagi pengunjung yang ingin berenang. Selain pasir putih, ombak, dan bukit karang yang indah dasar pantai Nglambor ini juga sangat mempesona. Pemandangan bawah laut oleh terumbu karang yang tak terjamah tangan-tangan jahil manusia, serta keelokan ikan-ikan hias yang berwarna warni menari riang. Semuanya akan disajikan secara sempurna di pantai Nglambor ini.

Kawasan pantai ini sangat dijaga oleh warga sekitar, hal ini dibuktikan dengan adanya tradisi “Ngalah” atau melarang warga sekitar untuk menangkap ikan kecuali sekali dalam setahun. Sehingga terumbu karang dan ikan hias sangat terjaga keasriannya disini.

Pantai Nglambor ini berada di kelurahan Tanjungsari, kecamatan Tepus, kurang lebih 2 jam perjalan dari kota Yogyakarta. Pantai Nglambor terletak satu komplek dengan pantai Siung dan pantai Jogan. Tepatnya setelah pantai Jogan kearah pantai Siung. Dari pantai Jogan jalan kea rah barat dan akan bertemu dengan pertigaan kekanan. Disitu telah ada plang yang mengarah ke pantai Nglambor. Jalan yang dilalui ketika memasuki kawasan pantai Nglambor memang tergolong sulit, karena jalan masih berbatu atau belum diaspal, jadi kendaraan yang lewat harus berhati-hati dan dalam fisik yang prima. Kira-kira 15 menit kemudian kita akan sampai di pantai Nglambor, tapi mungkin jika jalan sudah diaspal 5 menit pun sudah sampai.

Hati-hati ya disana kita akan dismbut oleh ngauman anjing warga yang tinggal dipinggir pantai. Ada 1 keluarga yang memiliki rumah dan tinggal disana. Rumah itu ditinggali oleh sepasang kakek–nenek. Saat berkunjung ke pantai Nglambor kita akan dikenakan biaya retribusi Rp 5.000 per orang, apabila kita lewat Tepus langsung, tetapi bila lewat kawasan pantai Baron akan dikenakan tambahan Rp 10.000 per orang. Sekian dulu ya pembahasan tentang pantai Nglambor ini, nanti disambung dengan artikel lainnya dari perjalanan lainnya yang akan lebih seru dan menakjubkan tentunya.

Map / Peta Perjalanan ke Pantai Nglambor Wonosari Yogyakarta

Berikut ini merupakan peta/map perjalanan menuju ke pantai nglambor dari Yogyakarta

Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Siyono-bunderan siyono-Wonosari-Semanu-Giripanggung-Arah pantai Siung-Sebelum masuk kawasan pantai Siung ada jalan kecil ke kanan (setelah pantai Jogan) tertulis plang pantai Nglambor- pantai Nglambor.

Semoga informasi ini bermanfaat buat teman2 semua yang akan pergi ke Pantai nglambor
Selamat Berpetualang  
< >