Pantai Wediombo [ Wisata Pantai Yogyakarta Selain Indrayanti]


 
Wisata Pantai eksotis pantai wediombo  di gunungkidul Yogyakarta selain pantai indrayanti

Tempat Wisata Pantai di  Yogyakarta [ Pantai  Wediombo ]

Pantai Wediombo

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki keistimewaan, oleh karena itu bergelar Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih dikenal DIY. Selain keistimewaan karena namanya, tempat-tempat dan masyarakatnya pun istimewa. Masyarakat asli kota Yogyakarta ini terkenal akan keramah tamahannya. Bila anda bertemu atau berpapasan dengan orang Jogja mereka akan menyapa kita dengan senyuman dan anggukan kepala, walaupun mereka belum kenal dengan kita. Selain keramahtamahan warga Jogja ini, tempat-tempat wisatanya pun juga sangat mempesona. Wisata budaya seperti Keraton, Museum, pagelaran seni tari, seni music dan seni lukis, wisata edukasi yang dapat kita peroleh di taman pintar dan kids fun, wisata kuliner yang dapat kita nikmati di seluruh pelosok warung yang ada di jogja ini, dan juga wisataalam yang dapat kita nikmati di masing-masing kabupaten yang ada di DIY ini. 

DI. Yogyakarta ini memiliki 4 kabupaten dan 1 kota madya Yogyakarta. Keempat kabupaten ini yakni Kabupaten Sleman, kabupaten Bantul, kabupaten Kulonprogo dan kabupaten Gunungkidul. Keempat kabupaten ini memiliki daya tarik masing-masing atas wisata alam, kuliner, budaya, pendidikan,dll. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta yang memiliki keistimewaan yang masih tersembunyi dan baru merangkak untuk memcapai tingkat kepopuleran seperti kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di Yogyakarta, yakni kabupaten Gunungkidul.
Kabupaten Gunungkidul ini memiliki sejuta potensi yang baru mulai dikembangkan. Salah satunya adalah potensi pariwisatanya. Slogan untuk wisata Gunungkidul ini adalah Wisata Gunung Sewu. Banyak sekali pemandangan yang disuguhkan seperti Gunung Purba Ngglanggeran, Gua-gua seperti gua pindul, gua rancang kencana, gua jomblang, gua kalisuci, dll, selain itu juga desa wisata dan pantai selatan yang mempesona adalah panorama khas kota gunung karst ini. 

Salah satu pantai yang sudah dibuka untuk umum dan kondisinya masih perawan namanya adalah pantai Wediombo yang ada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo atau sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari tepatnya bersebelahan dengan pantai jungwok. Untuk menuju kesana apabila dengan kendaraan pribadi terdapat 2 rute yang dapat ditempuh yakni rute pertama melalui jalur selatan dengan menyusuri pantai-pantai Gunungkidul, Tepus, Girisubo hingga tiba di wediombo. Sedangkan untuk rute kedua yakni melalui Wonosari-Semanu-Jepitu-Wediombo.  Apabila dengan kendaraan umum perjalanan dapat ditempuh dengan bis jurusan Jogja-Wonosari dari terminal giwangan menuju terminal WOnosari. Sesampainya di terminal wonosari naik bis lagi jurusan Wonosari-Jepitu, hingga pertigaan Jepitu. Kemudian naik ojek menuju pantai Wediombo ini. Untuk memasuki kawasan pantai Wediombo ini dikenakan tarif retribusi sebesar Rp 5.000 per orang (September 2014). 

Sesampainya di parkiran pantai Wediombo yang ada diatas bukit kita akan disugui dengan cakrawala biru membentang Samudera Hindia. Untuk mencapai pantai kita harus turun melewati anak tangga sekitar 500 meter. Saat sampai di pantai kita akan menjamah pasir putih yang menghampar serta batu karang yang unik dalam ukuran besar. Selain itu pantai Wediombo merupakan salah satu pantai yang tidak terlalu panas. Karena terdapat pohon rindang yang ada di pinggir pantai, sehingga dapat dijadikan tempat berteduh saat sudah lelah bermain air dan pasir. Pantai ini merupakan surga bagi para pemancing dan peselancar. Kita dapat memancing di atas bukit karang yang ada di pantai wediombo ini. Ikan tenggiri, kerapu, cucut, dan  kakap dengan ukuran jumbo siap menerkam mata kail kita. Selain memancing karena ombak di pantai wediombo ini besar dan disisi barat merupakan pantai yang landai dan tanpa batu karang biasanya di manfaatkan oleh para wisatawan untuk berselancar. Sesuai dengan arti namanya pantai wediombo merupakan pantai yang luas. Dalam bahasa jawa wedi berarti pasir dan ombo berarti luas, jadi wediombo memiliki arti pasir yang luas. Saat sudah senja jangan bergegas meninggalkan pantai ini, karena akan terlewatkan saat-saat matahari terbenam (sunset) yang indah. Bagi yang ingin berkemah disana dapat memanfaatkan kawasan parkir , bukit, atau bibir pantai yang luas di kawasan pantai wediombo ini.

Sekian dulu ya pembahasan tentang Pantai Wediombo .ini, nanti kita sambung lagi dengan pembahasan pantai-pantai lainnya. Untuk artikel selanjutnya kita akan coba untuk membahas tentang pantai lainnya yang ada di wonosari yaitu  Pantai Siung .

Alamat / Map  Pantai Wediombo  

Desa Jepitu, Kelurahan Tepus Kecamatan Girisobo Kabupaten gunungkidul Yogyakarta
Jogja kota => Piyungan => Patuk => Siyono => Kota Wonosari => Semanu => Jepitu => Girisubo =>Pantai  wediombo
Keyword
Pantai Indah di Yogyakarta
Pantai di Gunung Kidul
Pantai Jungwok
Pantai Wediombo
Peta Pantai Gunung Kidul
 Alamat Pantai Gunungkidul 
 
Semoga artikel Ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua
                                                                                                                                                        
<