Pantai Krakal Di Gunungkidul Wonosari

Pantai Krakal, Keindahan yang Tak Terlupa

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai yang kondang akan Keindahan alamnya. Banyak sekali panorama-panorama indah yang disajikan oleh pantai ini. Pantai Krakal ini terletak di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, tepatnya satu deretan dengan Wisata Pantai Baron yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Perjalanan untuk menuju ke Pantai Krakal ini dapat ditempuh ± selama 2 jam dari pusat kota Yogyakarta, yakni sekitar 66 km. Tak perlu merasa khawatir karena jauhnya perjalan yang ditempuh akan terbayar dengan keindahan alam yang benar-benar eksotis dan masih alami. Biaya retribusinya sebesar Rp 10.000 dan dapat menikmati 10 pantai yang ada di kawasan Gunungkidul ini.

Pantai krakal ini memiliki garis pantai sepanjang ± 40.000 meter dengan pasir pantainya yang indah dan berwarna putih. Dipinggiran pantai kita juga dapat melihat karang-karang yang menjadi rumah ikan-ikan kecil yang cantik, bintang laut berkaki hitam yang bersembunyi dibalik karang, landak laut, pongpongan, dll. Sisi barat dan timur pantai Krakal ini di batasi dengan bukit atau tebuing karang yang indah, kita juga bisa naik kesalah satu tebing ini lo, tetapi tentunya dengan perjalanan yang menantang. Di tebing ini kita dapat menikmati angin laut yang segar sambil melemparkan jorang pancing jika berminat, karena di pantai krakal ini juga merupakan salah satu spot memancing yang menakjubkan. Banyaknya ikan besar di sekitar pantai ini menjadi incaran para pemancing.

Sambil bermain pasir kita juga bisa bermain dengan ombaknya. Ombak di pantai Krakal ini tergolong besar dan cocok untuk berselancar. Berselancar merupakan olahraga yang sangat menantang yang dapat dinikmati di Pantai ini. Peselancar harus berjalan menuju ke deretan batu karang di lepas pantai untuk menemukan ombak yang besar dan menantang. Karena dasar lautnya kebanyakan karang jadi peselancar harus hati-hati ya. Bulan yang baik untuk menemukan ombak besar ini antara bulan Maret hingga September. Selain pantai Krakal tempat yang menantang untuk berselancar adalah pantai Wediombo yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Jika ingin berselancar jangan lupa bawa papan selancarnya karena disini masih kurang begitu popular, jadi belum ada tempat persewaan papan selancar.

Selesai berkecimpung dengan indahnya pantai Krakal saatnya menikmati kuliner yang telah disediakan di warung-warung atau restoran sepanjang pantai Krakal ini. Kita bisa memesan ikan, udang, cumi, kepiting atau yang lainnya yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti asam manis, balado, cabe ijo, pedas manis, bakar, ataupun goreng krispi juga ada. Jika ingin bermalam di pantai ini sudah disediakan penginapan atau hotel yang berjajar rapi disekitar pantai, atau jika ingin mendirikan tenda bisa saja.

Selamat menikmati liburan menyenangkan ya di Kawasan Wisata Karst Gunung Sewu ini. Jangan lupa berbagi pengalaman dengan yang lain. Dan jangan buang sampah sembarangan, hehehehe.




Rute perjalanan:

Jogja-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Logandeng-Siyono-Bunderan tugu BPD-Jl. Kyai Legi-Jl. Lingkar Selatan-Jl. KRT Djojodiningrat-Jl. Girisubo-Jl. Saptosari-Kawasan Pantai Kukup-Krakal.
< >