Pantai Indrayanti / Pulang Syawal Gunungkidul Tempat Wisata Pantai Menarik Yogyakarta

Pantai Indrayanti Wisata Pantai menarik dan eksotis di Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Indryanti

Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal Salah Satu Pantai Menarik di Jogja

            Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki potensi yang sangat beragam. Selain karena memiliki 4 kabupaten dan 1 kota madya yang masing-masing memiliki keberagaman wisata. Salah satu kabupaten yang sangat banyak potensi wisata alamnya adalah Gunungkidul. Kabupaten Gunungkidul ini terletak di sisi timur kota Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Obyek wisata gua, air terjun, dan pantai merupakan panorama yang akan disuguhkan oleh kabupaten ini.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang beberapa pantai yang ada di gunungkidul seperti Pantai Jungwok, Pantai Wediombo, Pantai Siung dan sekarang kita akan mendeskripsikan tentang pantai Indrayanti dimana pantai ini merupakan pantai yang paling banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Pantai yang saat ini paling popular dan merupakan tujuan utama wisata yakni pantai Indrayanti. Biaya retribusi untuk masuk ke kawasan pantai Indrayanti ini sebesar Rp 10.000 per orang. Kita bisa menikmati pantai Baron, Kukup, Krakal, Slili, Drini, Sepanjang, Sundak, dan Indrayanti. Pantai Indrayanti ini terkenal beberapa tahun terakhir ini setelah dikelola oleh pihak swasta yang mendirikan restoran dengan nama Indrayanti. Masyarakat daerah situ mengenal Pantai Indrayanti dengan nama Pantai Pulang Syawal. Pantai Indrayanti ini telah disulap menjadi pantai dengan pemandangan yang sangat indah dengan beragam fasilitas yang sangat lengkap tak kalah dengan pantai Kuta Bali. Ketenaran Pantai Indrayanti ini mengalahkan pantai Baron, Krakal dan Kukup yang sudah terlebih dahulu dikelola oleh pihak Pemerintah. Bisa jadi karena kenyamanan pengunjunglah yang diutamakan. Di pantai Indrayanti ini tidak ada orang yang membuang sampah sembarangan, karena akan didenda Rp 10.000 per sampah yang dibuang. Jadi dapat disimpulkan pantai ini sangat bersih dan airnya juga sangat bening. Fasilitas lain seperti parkiran yang luas, restoran, café, warung makan, pondok penginapan, hotel, gazebo, pondok panggung, musholla, kamar mandi telah dibangun dengan arsitektur “back to nature” karena berbahan bamboo, kayu, dan beratapkan rangkaian daun tebu/batang padi. Selain itu di pinggiran pantai banyak payung yang disewakan untuk tempat berteduh kala berkunjung kesana. Sebagai tempat wisata dengan fasilitas yang berkelas jangan heran ya apabila ditarik sewa, karena fasilitas umum memerlukan perawatan

Dua bukit di sisi barat dan timur yang mengapit pantai Indrayanti ini telah dibangun dan difasilitasi dengan tangga dan gazebo. Sehingga kita dapat menikmati pemandangan pantai Indrayanti ini dari atas bukit. Suasana lain untuk menikmati ombak pantai Indrayanti ini yakni dengan menyewa jetski. Ombak yang lumayan besar akan pecah oleh hantaman jetski yang dipacu kencang. Adrenalin kita otomatis akan naik bukan. Pantai Indrayanti ini terletak di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Perjalanan menuju pantai Indrayanti ini dapat ditempuh dari kota Jogja-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Logandeng-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Jl. Kyai Legi-Jl. Lingkar Selatan-Jl. KRT Djojodiningrat-Jl. Girisubo-Jl. Saptosari- Kawasan Pantai Kukup-Pantai Krakal- Pantai Drini -Pantai Sundak-Pantai Indrayanti. Jika melihat papan penunjuk jalan lihatlah tulisan penunjuk arah pantai Pulang Sawal bukan Pantai Indrayanti, karena nama pantai Pulang Sawal adalah nama resmi pantai ini. Sekian dulu pembahasan tentang pantai Indrayanti ini ya.

                                                                                                                                                                      

Map/Peta Pantai Indrayanti

Jogja kota => Piyungan => Patuk => Siyono => Kota Wonosari => Semanu => Jepitu => Girisubo => Pantai Jungwok => Pantai Wediombo => Pantai Siung => Pantai Indrayanti   
                                                                                                                                                                   


< >