Pantai Baron Di Gunungkidul Yogyakarta | Tempat Wisata di Yogyakarta

Wisata Pantai eksotis pantai Baron  di gunungkidul Yogyakarta selain pantai indrayant } iPantai Baron | wisata pantai yogyakarta |
Pantai Baron

Pantai Baron Tempat Wisata Pantai Menarik di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota dengan nuansa keakrabannya mampu menyihir wisatawan untuk datang berkunjung kembali. Mulai dari akrabnya warga hingga akrabnya tempat wisata. Tempat-tempat wisata di kota ini tak menarik dengan tempat lainnya yang ada di Indonesia, selain itu Kota Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat favorit wisatawan  untuk berkunjung. Salah satu tempat wisata yang pada saat ini baru digandrungi oleh para wisatawan adalah Gunungkidul atau Wonosari. Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Yogyakarta yang beribukota Wonosari. Kota ini memiliki slogan untuk pariwisatanya yaitu Wisata Gunung Karst. Wisata ini meliputi susur goa, pantai, air terjun, desa wisata, dll. Disebut Wisata Gunung Karst karena daerah Gunungkidul ini sendiri merupakan daerah pegunungan karst atau kapur.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pantai Baron yang merupakan icon pertama wisata pantai di Gunungkidul. Selain itu pantai Baron merupakan pintu gerbang menuju pantai-pantai lainnya. Pantai Baron ini terletak di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, kurang lebih sekitar 20 km dari pusat kota Wonosari atau sekitar 65 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Baron ini merupakan salah satu pantai yang indah serta pantai yang pertama kali di kelola untuk tempat wisata. Pantai Baron ini merupakan teluk dengan dua bukit yang mengapitnya di sebelah barat dan timurnya. Keunikan lain dari pantai Baron ini yakni adanya aliran air tawar dari sungai bawah tanah di sisi bukit sebelah barat. Sehingga pantai Baron ini merupakan saksi pertemuan antara air laut dan air tawar. Adanya air tawar ini dapat di manfaatkan sebagai tempat membasuh setelah lelah bermair air laut.  Kenikmatan lain dari pantai Baron ini yaitu pasir pantainya berwarna kecoklatan dan halus. Desiran angin serta ombaknya juga tidak terlalu besar jadi nyaman untuk bersantai ataupun berjemur. Selain itu pantai Baron merupakan salah satu pantai yang landai. Sayangnya pantai Baron ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Harga tiket atau biaya retribusi untuk masuk ke Pantai Baron ini sebesar Rp 10.000 per orang (2014). Dengan memasuki kawasan pantai Baron ini setidaknya kita dapat menikmati ±10 pantai sekaligus, seperti Krakal, Kukup, Slili, Drini, Sundak, Sepanjang, Indrayanti, dll.

Pantai Baron ini juga menyuguhkan wisata kulinernya yang nikmat dan lezat. Kita dapat menikmati ikan-ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan setempat, selain itu harganya juga cukup terjangkau. Karena selain tempat wisata pantai Baron juga merupakan Pantai Nelayan. Hasil tangkapan nelayan pun bervariasi, disana kita akan mendapatkan ikan bawal putih, kakap merah, tongkol, tuna sirip kuning, udang, lobster, pari, dll.

Untuk menikmati keindahan tadi kita dapat menempuh perjalanan ± 2 jam dari kota Yogyakarta. Jangan khawatir lama perjalanan tak sebanding dengan indahnya pantai-pantai yang disuguhkan oleh kota ini. Jadi jangan lupa bagi yang belum pernah berkunjung kesini, sempatkan karena tak akan rugi. Sekian dulu pembahasan tentang salah satu pantai indah di Gunungkidul ini, masih banyak lagi pantai-pantai lainnya di pembahasan selanjutnya.

Rute perjalanan:
Jogja-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Logandeng-Siyono-Bunderan tugu BPD-Jl. Kyai Legi-Jl. Lingkar Selatan-Jl. KRT Djojodiningrat-Jl. Girisubo-Jl. Saptosari-Kawasan Pantai Baron.

< >