Pantai Siung | Tempat Wisata Di Gunungkidul Yogyakarta



Wisata Pantai eksotis pantai Siung di gunungkidul Yogyakarta selain pantai indrayanti
Pantai Siung Tempat Wisata Di Gunungkidul Yogyakarta

 Pantai  Siung DiGunungkidul Yogyakarta 

Pantai Siung

Gunungkidul  adalah salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di sebelah timur selatan pusat kota Yogyakarta. Yang terkenal dari kabupaten Gunungkidul ini yaitu wisata khas gunung sewu. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang didominasi oleh pegunungan khas. Disisi selatan kabupaten Gunungkidul berbatasan langsung dengan laut selatan, sehingga otomatis banyak sekali pantai yang terdapat disana dan telah di manfaat menjadi obyek wisata salah satunya yaitu Pantai Siung.

Keseluruhan pantai di Gunungkidulini berpasir putih, kecuali pantai Baron. Butiran pasir putih ini terbentuk akibat karang-karang yang tergerus oleh ombak. Selain keindahan pasir putihnya juga yang menakjubkan adalah bongkahan karang-karang besar yang ada di bibir pantai sehingga membentuk seperti pulau-pulau kecil. Salah satu pantai yang dapat dinikmati dengan pemandangan seperti itu ialah Pantai Siung.

 Pantai siung ini diapit oleh 2 bukit di sisi barat dan timur serta karang-karang besar di bagian barat, karang-karang tersebut biasanya digunakan oleh pecinta rafting untuk latihan memanjat tebing.
Pantai siung ini juga termasuk pantai yang cukup rindang, karena dipinggir pantai terdapat pohon-pohon yang dapat berfungsi sebagai tempat berteduh kala sudah lelah bermain atau mandi di pantai. Selain itu kita juga dapat menikmati hidangan khas laut di pantai Siung ini. Selain sebagai tempat wisata pantai siung ini juga merupakan pantai nelayan, sehingga banyak sekali restoran di pantai siung ini yang menyajikan ikan-ikan laut segar dengan harga yang relatif murah. Selain itu menikmatinya pun bisa dipinggir pantai. Sambil menggelar tikar dan menikmati hidangan laut segar, ditemani deburan ombak serta angin segar pantai. Heeemmmmmmmm sungguh menakjubkan.
Untuk menikmati suasana seperti itu kita perlu sedikit bersusah payah untuk mencapai tempat ini, karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh yakni sekitar 2 jam dari pusat kotaYogyakarta, dengan jalan yang berkelok-kelok. Tetapi rasa lelah perjalanan akan segera terbayar dengan keindahan yang ada di pantai ini. Rute yang dapat ditempuh dari kota Yogyakarta yakni, ambil jalan menuju arah Wonosari, melewati Piyungan-Patuk-Siyono, di bunderan  Siyono ini kita bisa ambil kanan atau lurus saja karena ada 2 rute yang dapat dipilih. Rute pertama, yaitu bunderan Siyono kekanan terus saja melewati desa tanjungsari dan akhirnya sampai di pertigaan apabila ke arah kanan menuju pantai Baron, tetapi kita ambil yang ke arah kiri yakni ke pantai Kukup, Krakal, Drini, Sundak, dan Indrayanti serta yang terakhir adalah pantai tujuan kita yaitu pantai Siung. Rute kedua, yaitu bunderan siyono lurus menuju ke arah kota Wonosari-Semanu-Giripanggung-pertigaan Jepitu ke kanan, karena apabila ambil arah lurus ke arah pantai Wediombo. Sekian dulu ya pembahasan tentang pantai Siung ini, nanti disambung dengan pembahasan pantai-pantai lainnya.
                                                                                                                                                                     

 Map | Peta   Pantai  Siung

Jogja kota => Piyungan => Patuk => Siyono => Kota Wonosari => Semanu => Jepitu => Girisubo => => melewati Pantai jungwok => Pantai Wediombo =>jalur pantai Siung
                                                                                                                                                                     
< >