Pantai Sundak | Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang ada di kabupaten Gunungkidul yang memiliki keindahan sederhana yang eksotis. Tebing karang yang ada di sisi Timur dan barat Pantai Sundakmisalnya bagus sekali untuk di jadikan latar belakang foto. Selain itu Pantai Sundak ini memiliki hamparan pasir putih dan kebersihan lingkungan pantai sangat terjaga, meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang.. Di pinggiran pantai ini kita dapat menemukan potongan karang-karang serta rumah pongpongan yang sudah ditinggalkan oleh penghuninya. Bila beruntung kita dapat menemukan pongpongan yang masih dihuni. Selain dapat menikmati keindahan pasir putihnya kita juga dapat bermain air di pantai ini sambil mencari ikan-ikan kecil dan sejenis bintang laut yang memiliki kaki panjang. Pantai sundak ini juga merupakan salah satu pantai yang landai sekitar 30 m kearah laut. Tetapi saat bermain air kita juga tetap harus berhati-hati ya, jangan terlena oleh kelandaian pantai Sundak ini.

Selain karena keindahan pemandangannya, pantai sundak ini merupakan satu-satunya pantai yang memiliki sejarah yang unik, yaitu sejarah akan namanya. Dahulu kala nama pantai ini adalah pantai wedimbedah yang memiliki arti pasir yang terbelah. Hal ini terjadi saat musim hujan air dari daratan mengalir ke pantai sehingga membelah pasir pantai yang dilewatinya, layaknya sungai kecil. Kemudian sekitar tahun 1976 nama panta dirubah menjadi Sundak yang memiliki kepanjangan asu (anjing) landak. Saat itu terjadi perkelahian antara asu dan landak di kawasan pantai ini, tepatnya di sebuah gua yang terbentuk dari batu karang, yang akhirnya di menangkan oleh sang asu (anjing) dengan memangsa sebagian badan si landak. Kemudian si anjing keluar dari gua sambil membawa sebagian badan landak dalam keadaan basah kuyup. Si pemilik yang bernama Arjasangku merasa heran kenapa setelah keluar dari gua si anjingnya basah kuyup. Tak disangka di dalam gua tersebut Arjasangku menemukan mata air tawar, yang hingga kini menjadi sumber mata air warga sekitar yang sebelumnya hidup dalam kekeringan. Mulai saat itu nama pantai ini berubah menjadi Pantai Sundak.

Selesai bermain-main di pantai, kurang seru jika kita belum mencicipi hidangan khas pantai di pantai Sundak ini. Kita bisa mampir di warung-warung yang ada di pinggir pantai dengan menyantap menu ikan bakar, nasi rames atau mie ayam. Sambail menikmati lagi keindahan pantai Sundak ditemani dengan hidangan yang nikmat.
Jika anda ingin berkunjung ke sana, Pantai Sundak ini berada di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Dusun Pule Gundes. Pantai Sundak ini berdekatan dengan pantai lain seperti Kukup, Krakal, Drini dan Indrayanti. Saat kesana kita dituntut biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang, dan mendapat fasilitas ± 10 pantai yang dapat kita kunjungi sekaligus.


                                                                                                                                                                  

Yogyakarta => Piyungan-Patuk-Sambipitu-Hutan => Bunder-Gading-Logandeng-Siyono-Bunderan tugu BPD-Jl. Kyai Legi-Jl. Lingkar Selatan => Jl. KRT Djojodiningrat => Jl. Girisubo-Jl. Saptosari-Kawasan => Pantai Kukup => Pantai Krakal => Pantai Drini => Pantai Sundak.
                                                                                                                                                                   
< >