Wisata di Kota Yogyakarta || Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta ||

Pantai Parangtritis

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di antara pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Pantai yang berada di kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta sebelah selatan Yogyakarta tepatnya.  Pantai Parangtritis merupakan pantai di tepian samudera hindia , sehingga memiliki karakteristik deburan ombak dan arus yang cukup besar serta kuat. Pantai parangtritis ini dikelilingi oleh tebing batu di sisi sebelah timur dan baratnya. Jadi selain pemandangan pantainya yang indah, ada pemandangan lain yang juga begitu indah yakni tebing batu yang menjulang tinggi. Tebing batu yang subur hijau adalah suguhan panorama yang akan menambah daya pikat pantai Parangtritis ini. Pantai parangtritis merupakan pantai berpasir hitam yang berkilau saat diterpa sinar matahari dan bertekstur lembut, karena di pasir pantainya mengandung bijih-bijih besi. Pantai Parangtritis ini berlokasi sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.
Untuk menuju kesana dapat memakai 2 jalur yang tersedia. Yakni yang pertama lewat jalur Yogyakarta – jalan Parangtritis – Kretek – Pantai Parangtritis. Nah sedangkan jalur yang kedua yakni dari Yogyakarta – Imogiri – Pantai Parangtritis. Keunggulan dari jaluryang kedua ini kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang akan disuguhkan sepanjang perjalanan, seperti persawahan, sungai, perbukitan, akan tetapi rutenya sedikit lebih jauh ya.  Selain menikmati pemandangan tersebut, kita juga dapat berwisata spiritual juga lo jika lewat jalur Imogiri ini yakni mengunjungi makam Raja-raja keraton Yogyakarta. Nah menarik bukan. Untuk menuju ke Pantai Parangtritis ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi atau memakai kendaraan umum, seperti bis. Dari terminal Giwangan  Yogyakarta pilih bis jurusan ke Pantai Parangtritis dan anda akan turun dipantai Parangtritis.
Cerita lain dari pantai Parangtritis ini, konon katanya pantai Parangtritis ini merupakan tempat suci dan keramat yang dijadikan tempat kediaman kanjeng Nyai Ratu Kidul atau lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul ini  penguasa Pantai Selatan yang terkenal dengan gaunnya yang berwarna hijau, oleh karena itu mitosnya pengunjung dilarang memakai pakaian hijau. Anda tentu boleh percaya atau tidak.
Di sebelah barat pantai Parangtritis saat menuju ke kawasan pantai Depok, Parangendog, dll, kita akan melihat pemandangan lain yang juga begitu menakjubkan yakni gumuk pasir atau bukit-bukit pasir, biasanya dimanfaatkan untuk bermain sky pasir. Gumuk ini disebut-sebut sebagai satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia Tenggara loh. Saat berada disini kita akan merasa sedang ada di Afrika karena luasnya lautan pasir dan udaranya yang sedikit lebih panas beberapa derajat dibandingkan daerah lainnya. Pengalaman berbeda dapat dilakukan di tempat ini bukan. Di bukit atau tebing disisi sebelah barat selain dapat dinikmati pemandangannya, kita juga dapat menaikinya dan melihat pantai Parangtritis dari atas bukit lo, sungguh panorama yang indah dan memanjakan mata. Indahnya matahari terbit atau tenggelam juga dapat dinikmati di bukit ini lo.
Selain itu masih banyak hal lain lagi yang dapat dilakukan di kawsan pantai ini seperti berkeliling mengelilingi kawasan pantai Parangtritis dengan berjalan kaki. Kalau takut capek kita bisa menyewa kereta andong, naik kuda, atau menyewa ATV.
Angin di pantai tentunya sangat kuat dan sejuk bukan, dipadukan dengan hamparan pasir yang luas dan landai. Sambil menikmatinya kita juga bisa bermain layang-layang lo sambil mengenang masa lalu tentunya. Tak perlu kuatir membawa layang-layang dari rumah, kita bisa membelinya disini, sudah banyak penjual yang menjajakan layang-layang di Pantai Parangtritis ini.
Sebelum memasuki kawasan pantai Parangtritis ini kita akan melihat disisi sebelah timur adanya tulisan tempat pemandian air panas Parangwedang. Setelah lelah bermain-main di pantai enaknya berendam air panas untuk menghilangkan rasa lelah. Sehingga saat pulang tubuh benar-benar lebih fress. Mata air panas ini juga dapat dipercaya dapat menyembuhkan sakit kulit, namun menurut penelitian tidak terdapat kandungan sulfur dalam mata air ini.

< >