Keajaiban Gunung Api bisa bikin Tsunami

Taukah Anda ?? Gunung Api Bisa Bikin Tsunami
 
 sumber gambar : http://www.sayangi.com/fitur/tahukah-anda/keyword/gunung%20krakatau
Sejarah mengatakan pada tahun 1945 terjadilah ledakan yang sangat dahsyat di Negara Jepang, yang meluluh lantakkan suatu kota di Jepang, tepatnya kota Hiroshima dan Nagasaki. Ledakan tersebut terjadi akibat bom atom yang dijatuhkan oleh para tentara sekutu Amerika. Akibat ledakan bom atom tersebut berakhirlah perang dunia ke 2.
Ledakan yang terjadi di kota Hiroshima dan Nagasaki tersebut tak sebanding dengan letusan gunung Krakatau yang berada di selat sunda, Indonesia. Ledakan terjadi pada tahun 1883 dengan kekuatan 200 megaton TNT atau 13000 kali letusan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Sungguh luar biasa bukan kekuatan alam itu.
Saat gunung Krakatau meletus penduduk Indonesia belum banyak seperti sekarang ini, sehingga korban tewas hanya 36,417 orang. Namun sekali meletus bisa membuat 132 km persegi rata dengan tanah. Getaran yang maha dahsyat menimbulkan tsunami yang membuat kapal-kapal di kawasan Afrika Selatan terhempas. Selain itu juga membuat kalang kabut warga Hawai dan pantai barat Amerika.
Letusan gunung Krakatau ini mampu menyembulkan bahan piroklastik 16 meter kubik. Bahan piroklastik tersebut berupa abu halus yang terlempar setingga 50 hingga 90 kilometer dan tertiup angin berkecepatan 121 kilometer per jam sehingga dalam waktu 14 hari mengililingi daerah sepanjang katulistiwa. Pada bulan November 1883 abu vulkanik sudah tersebar ke langit Negara Kanada dan menimbulkan efek warna-warni akibat pantulan sinar matahari dan mempengaruhi iklim. Usai ledakan gunung Krakatau terjadi, banyak bagian bumi menjadi gelap karena tertutup abu vulkanik yang menutupi atmosfer. Bahkan sinar matahari tak mampu menembus tebalnya abu vulkanik.
Letusan Krakatau mengakibatkan gelombang suara yang terdengar hingga seperempat permukaan bumi,  sekaligus menimbulkan gelombang tekanan udara selama 5 hari dan dapat mengelilingi dunia hingga 3,4 kali. Sungguh luar biasa….
Dan pada tahun 1927 muncullah sebuah gunung yang menyembul dari bekas letusan Krakatau yang kini lebih dikenal sebagai Gunung Anak Krakatau. Gunung Anak Krakatau ini pada tahun 1930 hingga sekarang masih diselidi dan diamati karena gunung baru ini juga aktif.
Sumber : Kedaulatan Rakyat
< >